Contoh Rumah Sederhana

Contoh Rumah Sederhana – Berbicara tentang rumah sederhana identik dengan rumah yang berukuran kecil. Di Amerika dan Eropa, gerakan rumah kecil (Tiny House Movement) sedang mewabah. Berbeda dengan Indonesia yang sudah lama “mengenal” rumah-rumah kecil karena keterbatasan lahan tempat tinggal yang tidak bisa memenuhi kebutuhan pertambahan jumlah penduduk Indonesia. Di Amerika dan Eropa, Tiny House Movement malah berangkat dari bangkitnya kesadaran bahwa rumah itu bukan soal besarnya tapi soal fungsinya dan kenyamanannya. Tidak perlu rumah yang besar untuk mendapatkan fungsi dan kenyamanan sebuah rumah.

Akhirnya dimulailah Tiny House Movement. Di internet anda bisa menemukan berbagai contoh gambar rumah sederhana berukuran kecil yang berasal masyarakat Amerika dan Eropa. Di Amerika dan Eropa juga mulai muncul banyak konsultan dan developer-developer spesialis rumah-rumah kecil. Berbagai seminar dan pelatihan juga diadakan untuk membantu masyarakat yang ingin membangun rumah kecil. Banyak arsitek-arsitek rumah ternama jatuh cinta dengan gaya rumah mungil yang sangat fungsional ini dan menciptakan rumah-rumah mungil spektakular yang dengan segera mengangkat derajad gaya rumah mungil.

Berikut adalah beberapa contoh rumah sederhana ala Tiny House Movement.

1. Contoh rumah sederhana the HOUSE TO CATCH THE SKY yang merupakan sebuah karya premium arsitek Jepang Takaharu Tezuka yang dibangun di atas tanah 85 meter persegi.
2. Contoh rumah sederhana Marfa weeHouse di Texas yang hanya seluas 46 meter persegi
3. Contoh rumah sederhana SOL DUC CABIN karya Olson Kundig yang dibangun di atas lahan 32 meter persegi saja

Jadi fungsi apakah yang anda butuhkan dari sebuah rumah? Tempat untuk tidur? Tempat untuk bekerja? Tempat untuk beristirahat? Tempat untuk berkumpul keluarga? Apakah semua itu memerlukan rumah dengan bangunan yang luas dan megah?
Mungkin anda akan mengiyakan pertanyaan tentang rumah dengan bangunan yang luas dan megah untuk tempat berkumpul keluarga anda.

Tapi jika anda tidak memiliki keluarga besar, atau seluruh anggota keluarga anda memiliki aktivitasnya sehari-hari dan jarang ada di rumah, anda bisa mempertimbangkan soal ini. Jadi jika anda saat ini sedang mencari-cari info untuk menjadi referensi pembangunan rumah, mungkin berbagai contoh rumah sederhana ala Tiny House Movement ini bisa menginspirasi rumah anda nantinya.