Desain Kamar Mandi

Desain Kamar Mandi – Sebuah rumah tidak bisa memenuhi syarat sebagai RUMAH jika tidak memiliki kamar mandi. Kamar mandi adalah ruangan terpenting dari sebuah rumah karena kamar mandi adalah ruangan yang paling sering digunakan oleh penghuni rumah, meski tidak untuk waktu yang lama. Oleh karenanya perlu perhatian khusus sebelum membuat desain kamar mandi.

Desain kamar mandi sekarang sudah banyak yang menggunakan shower (pancuran air) untuk menggantikan fungsi bak penampung air dan gayung. Mandi dengan menggunakan shower disebut-sebut lebih menghemat air, namun mandi dengan menggunakan gayung tidak memakan waktu selama mandi dengan menggunakan shower.

Desain kamar mandi dengan menggunakan bak mandi bisa memantau apakah air untuk mandi dalam keadaan bersih/ kotor (mengingat kualitas air yang tidak selalu bagus). Shower tidak bisa melakukannya. Hal ini patut menjadi pertimbangan anda yang kualitas sumber airnya tidak bisa dipercaya (contoh : PAM). Jangan sampai kegiatan mandi yang seharusnya membersihkan kulit dan kepala dari kotoran, malah jadi lebih kotor setelah mandi air yang tidak bersih dan berujung pada terkena penyakit kulit.

Kamar mandi dengan shower, prakits dan hemat air. Desain kamar mandi dengan bak mandi, agak merepotkan dalam hal menjaga kebersihan, boros air, namun bisa memantau kualitas air. Pilihannya ada di tangan anda. Namun jika anda memiliki spasi yang kecil, maka menggunakan shower adalah pilihan yang tepat. Kloset ada 2 macam. Kloset jongkok atau duduk.

Penelitian menyebutkan kloset jongkok lebih baik untuk kesehatan, karena sistem pembuangan feces akan lebih mudah berfungsi dalam keadaan jongkok, meski membuat pegal jika harus jongkok berlama-lama. Kloset duduk lebih nyaman untuk digunakan, terutama bagi orang tua dan wanita yang sedang mengandung serta mereka yang berbadan besar.

Pilihlah kloset sesuai kebutuhan anda dan kemampuan anda. Jangan lupa berikan perhatian pada proses pemasangannya supaya tidak timbul masalah di lain waktu. Idealnya desain kamar mandi juga memiliki sistem sirkulasi udara. Gunakan Exhaust Fan yang menyala saat lampu kamar mandi dinyalakan dan mati saat lampu juga dimatikan. Lihat juga desain kamar tidur idela untuk rumah anda.