Desain Rumah Tingkat yang Nyaman Dan Elegan

Desain Rumah Tingkat – Beberapa waktu silam, rumah tingkat memang masih jarang. Bahkan, ada yang beranggapan bahwa rumah tingkat itu menjadi suatu simbol kelas ekonomi tertentu. Tapi sekarang, anda bisa dengan mudah menemukan banyak sekali rumah tingkat, bahkan di pedesaan sekali pun sudah ada beberapa orang yang membangun rumah tingkat. Melihat kondisi ini, tentu sudah tidak berlaku lagi stigma yang mengatakan bahwa rumah tingkat menjadi simbol perekonomian tertentu. Orang membangun rumah tingkat pun lebih karena didorong kebutuhan akan jumlah ruangan yang banyak tapi hanya memiliki lahan yang terbatas. Dalam pembangunan rumah tingkat tersebut, tentu saja desain rumah tingkat menjadi sedemikian penting karena rumah tingkat tidaklah sesederhana rumah pada umumnya. Rumah tingkat menuntut adanya perencanaan yang lebih matang.

Desain rumah tingkat untuk mengurangi panas di lantai atas
Membuat desain rumah tingkat tidaklah mudah. Ada banyak hal yang memang harus menjadi perhatian, salah satunya adalah kondisi lantai atas yang akan cenderung lebih panas dibandingkan lantai dasar. Sebenarnya, hal ini bisa disiasati menambah intensitas jendela serta ventilasi, agar sikulasi udara bisa lancar.

Selain itu, sangat tidak disarankan menggunakan lantai keramik, apalagi berwarna putih, di lantai atas karena keramik tersebut akan memantulkan sinar matahari. Akan lebih baik apabila anda menggunakan lantai kayu karena lantai kayu tidak akan memantulkan cahanya. Selain itu, lantai kayu juga bisa suasana teduh dan nyaman, sehingga tidak terasa terlalu panas. Penggunaan bahan ramah lingkungan juga mampu mengurangi panas yang ada di lantai atas.

Membuat desain rumah tingkat
Membuat desain rumah tingkat itu layaknya mempersiapkan perencanaan yang matang dalam membangun rumah tingkat. Ini tentu bukan sekedar membuat sketsa atau gambar rumah anda, tapi lebih dalam bentuk perencanaan secara umum. Dalam membangun rumah tingkat, sebaiknya ada tidak melupakan untuk membuat halaman juga. Dengan demikian, paling tidak anda menggunakan 80% untuk bangunan dan 20% untuk halaman. Selain itu, ada baiknya apabila ruangan pribadi dipusatkan di lantai dua, sehingga lantai satu lebih digunakan untuk menerima tamu dan hal-hal umum lainnya. Itulah perencanaan dasar yang memang perlu diperhatikan dalam membuat desain rumah tingkat anda.