Kayu Bekas Juga Bisa Berkelas

Tips kali ini dari www.desainrumahid.com adalah Kayu Bekas Juga Bisa Berkelas. Selamat Membaca.
Elemen kayu yang terdapat pada rumah diyakini dapat membawa suasana yang lebih dekat terhadap rumah itu sendiri. Rumah dengan bahan dari kayu atau bahan baku kayu kini mengalami kelangkaan di pasaran. Namun, anda tidak perlu khawatir kayu bekas, bisa jadi solusi.

Harga kayu yang melambung tinggi bukanlah tanpa alasan. Pada tahun 2007 lalu, Bdan Planolog Nasional (BPN) menyatakan, luas kawasan hutan di Indonesia yang terdegradasi mencapai 59,62 juta hektar. Illegal logging dan konversi kawasan hutan menjadi perkebunan sawit dan dan karet menjadi salah satu masalah besarnya.

Dari penyebab diatas, harga kayu melambung, misalnya seperti jenis-jenis kayu solid (jati). Hal tersebut rupanya membuat banyak produsen material fabrikasi menyajikan banyak jenis kayu olahan hingga bahan pelapis bertekstur kayu. di luar dari itu semua (produk-produk kayu olahan), kayu bekas cukup memegang peranan bagi dunia interior, khususnya Indonesia. Di Indonesia penggunaan kayu olahan ini tidak hanya anda temukan di pertokoan atau café, namun bisa juga diliat aplikasinya pada rumah-rumah modern.

Mengolah Kayu Sisa
Mebel yang fungsional pastilah menjadi tujuan semua orang dalam pemanfaatannya. Untuk itu kayu-kayu sisa ini mesti melewati beberapa tahap pemrosesan terlebih dahulu. Misalnya saja kayu-kayu tersebut memiliki ragam ukuran. Simak beberapa tahap pengolahan kayu sisa dibawah ini:

– Gunakan potongan kayu sisa dengan ukuran yang hamper sama. Sebelum dimanfaatkan, pilah-pilah kayu sisa bedasarkan ukuran. Pilih kayu yang hanya memiliki sedikit lecet/terbelah
– Sejajarkan kedua sisi kayu (sama antara sisi potongnya)
– Beri lem pada kedua sisi kayu, rekatkan dan luruskan.
– setelah lem mongering, haluskan sisi-sisi kayu dengan mesin ketam.
– Untuk tahap akhir, sesuaikanlah dengan tujuan pemakaian anda. Biasanya finishing di aplikasikan pada mebel-mebel yang terkena air, minyak dan perubahan cuaca.

Baca juga artikel sebelumnya : Cara Menyegarkan Ruangan Pada Rumah
Sekian tips dari desainrumahid.com semoga bermanfaat!
Sumber : Tabloid Rumah
Gambar : google
Editor : www.desainrumahid.com